Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Kualitas Air Kolam Renang
Kualitas Air Kolam Renang

Kualitas Air Kolam Renang

Kualitas Air Kolam Renang – Pengecekan kadar air pada kolam renang merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas air kolam tetap stabil. Air kolam renang yang baik adalah apabila kadar pH dan chlorine yang selalu ideal.

Selain itu juga air kolam renang ini harus selalu bersih dan jernih. Hal tersebut akan membuat pengguna kolam renang akan merasa aman saat berenang pada kolam renang tersebut tanpa takut terkena penyakit.

Air kolam renang ini pastilah kandungan pH dan chlorinenya berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lain. Yang dimaksud dengan pH ini merupakan derajat atau nilai keasaman suatu air. Derajat ini akan menyatakan seberapa asam atau basa air kolam tersebut.

Sedangkan klorine ini merupakan bahan kimia yang sering ditambahkan atau dicampurkan ke air yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri secara instan, atau yang lebih kita kenal sebagai kaporit. Kedua faktor tersebut kandungan haruslah ideal pada kolam renang agar aman untuk kita gunakan.

Cara Mengecek Kadar Air Kolam Renang

Pengecekan kadar air kolam renang ini merupakan hal yang penting namun dapat kita lakukan dengan mudah. Apalagi dengan adanya alat ukur yang disebut dengan test kit.

Test kit ini merupakan alat ukur sederhana yang dapat mengukur kadar pH dan klorine yang terkandung dalam air. Alat ini berbentuk berupa dua buah tabung kecil dengan dua botol kecil yang berisi cairan oto phenol yang dikemas dalam satu kotak. Dan cara mengukur kadar air kolam renang menggunakan alat ini sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama ambilah tabung dan kemudian isikan dengan air kolam renang, Anda dapat melakukannya dengan mencelupkan tabung ke dalam kolam hingga air terisi sesuai batas yang terdapat pada tabung tersebut.
  2. Setelah itu teteskan 5 tetes Phenol Red pada tabung pH dan 5 tetes cairan Orthotolidine pada tabung chlorine. Kemudian Anda tutup tabung tersebut dengan rapat lalu kocoklah hingga air dalam tabung tersebut mengalami perubahan warna.
  3. Kemudian Anda cocokan perubahan warna yang terjadi dengan indikator. Apabila tabung pH menunjukkan angka kisaran antara 7,2 hingga 7,6 ppm itu berarti kadar pH air kolam tersebut pada kondisi ideal. Apabila kadar pH ini menunjukan angka yang lebih besar dari 7,6 maka air dikategorikan sebagai basa. Sedangkan apabila nilainya di bawah 7,2 maka air kolam tersebut dinyatakan asam. Dan untuk air yang ada pada tabung chlorine apabila menunjukkan angka pada kisaran 1,0 hingga 1,5 ppm itu berarti kadar klorine pada kolam tersebut berada pada posisi ideal.

Akibat Kadar Air Kolam Renang Terlalu Asam

Berikut adalah akibat apabila air kolam renang memiliki pH yang rendah atau asam :

  1. Apabila kolam renang ini menggunakan keramik maka kadar air yang terlalu asam akan merusak keramik tersebut. Hal ini juga akan mengakibatkan tumbuhnya lumut
  2. Sedangkan bahan-bahan yang terbuat bahan logam atau besi maka akan cepat berkarat. Apabila karat ini bercampur dengan air maka air tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan. Meskipun tidak beracun, namun apabila air seperti itu tidak sengaja terkonsumsi maka akan mengakibatkan diare dan dehidrasi
  3. Meningkatnya pemakaian klorine pada air kolam
  4. Apabila air kolam renang terlalu asam akan berakibat secara langsung yaitu mata terasa terbakar dan kulit akan terasa kering dan gatal
  5. Cepat rusaknya pakaian renang yang kita gunakan

Akibat Kadar Air Kolam Renang Terlalu Basa

Apabila kandungan pH air kolam terlalu tinggi atau yang disebut sebagai basa, maka hal ini akan mengakibatkan :

  1. Menjadi keruhnya air kolam renang
  2. Berkombinasinya kalsium dalam air kolam renang dengan carbonat akan menciptakan gumpalan berwarna hitam yang akan mengikat debu. Apabila gumpalan tersebut masuk ke dalam filter maka akan berpotensi merusak filter yang mengakibatkan air menjadi keruh
  3. Berkurangnya kemampuan klorine sebagai desinfektan
  4. Mengakibatkan iritasi pada mata, hidung akan terasa panas, dan kulit menjadi kering dan terasa gatal

Akibat Kadar Chlorine yang Tidak Ideal

Kadar Klorine ini juga merupakan faktor penting dalam air kolam renang karena berfungsi sebagai desinfektan dan penjernih air. Klorine yang terlalu rendah akan membuat tumbuhnya lumut dan berkembangnya bakteri yang membuat air kolam menjadi keruh. Jika terlalu tinggi juga akan berakibat iritasi pada mata, hidung dan kulit.

Kadar klorin dalam air kolam renang ini dapat diketahui dengan menggunakan alat ukur kadar klorine atau chlorine tester. Oleh karena itu pengecekan kadar air kolam renang merupakan hal penting yang harus rutin dilakukan. Hal ini akan menjaga kualitas air kolam renang tetap stabil dan ideal.

Incoming search terms:

  • cara mengukur ph air kolam renang
  • ciri kondisi air/kolam yang baik untuk renang
  • data kadar kaporit yang baik untuk kolam renang
  • yg harus d ukur pada air kolam renang dan batas aman ny

About mukhammad ulinnuha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You might also likeclose