Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Hubungan pH Tanah Dengan Pupuk

Hubungan pH Tanah Dengan Pupuk

Hubungan pH tanah dengan pupuk – Apakah Anda mengetahui hubungan antara kadar pH tanah dengan daya serap pupuk? hubungan keduanya dapat digambarkan seperti ketika Antara makanan yang Anda makan dengan tempat dimana Anda makan. Makanan yang enak bila dimakan di tempat yang kotor, kumuh, bau dsb tentu akan menurunkan nafsu makan Anda.

Tanah dengan kondisi pH yang netral sekitar 6 – 7 pH adalah kondisi optimal agar akar tanaman dapat menyerap pupuk dan unsur hara tanah, bila kadar pH berada dibawah atau diatasnya maka akan menurunkan daya serap pupuk bagi tanaman.

Oleh karena itu faktor pH tanah dapat dikatakan faktor penting karena sebagus apapun pupuk yang diberikan, namun bila pH tanah tidak sesuai maka daya serap pupuknya juga akan menurun. Karenanya Anda harus dapat mengetahui kadar pH tanah pada kebun atau sawah Anda memang sudah sesuai. Kini Anda dapat mengukur pH tanah menggunakan sebuah alat ukur praktis yaitu soil pH meter.

Hubungan pH Tanah Dengan Pupuk

Tingkat pH tanah akan menunjukkan nilai keasaman dan kebasaan tanah yang diukur dengan skala 0 – 14 pH. Apabila tanah memiliki nilai pH diatas 7 maka dikatakan basa, sedangkan dibawah 7 maka dikatakan asam. Kadar pH juga dipengaruhi dari banyak tidaknya unsur ion Hidrogen (H+).

Pada tanah asam juga biasa ditemukan kandungan Al (alumunium) yang sangat mudah mengikat unsur P (phosfor), karenanya jika kita memberi pupuk P pada tanah asam dengan kandungan Al tinggi, maka yang terjadi adalah pupuk P akan diikat oleh Al tersebut. Hal ini menyebabkan unsur P lebih memilih tetap tinggal di tanah dari pada ikut terserap tanaman yang mengakibatkan tanaman akan kekurangan unsur P.

Oleh karena itu bila tanaman yang Anda tanam tidak dapat tumbuh dengan optimal padahal Anda sudah memberikan pupuk dan perawatan yang baik maka Anda perlu menguji kadar pH tanah Anda.

Selain itu kadar pH tanah juga berpengaruh terhadap pertumbuhan mikroorganisme penyubur tanah, mikroorganisme ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan pH 5,5 keatas. Bila pH tanah berada dibawah nilai tersebut maka justru akan membuat jamur yang merugikan tumbuh, ini berarti pH tanah juga berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Karenanya pastikan tanah Anda memiliki pH yang telah netral terlebih dahulu sebelum Anda mulai menanaminya dengan tanaman.

About mukhammad ulinnuha