Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 082221305500

Mengukur Suhu Tubuh Anak

Mengukur Suhu Tubuh Anak

Mengukur Suhu Tubuh Anak – Demam merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang anak – anak. sebenarnya demam sendiri adalah cara alami tubuh dalam melawan penyakit maupun virus atau bakteri. Gejala yang paling umum dan mudah dikenali adalah meningkatnya suhu tubuh anak.

Karenanya penting bagi orang tua untuk menyediakan termometer khusus untuk tubuh guna mengukur suhu tubuh anak. Mengukur suhu tubuh anak juga dapat dilakukan pada bagian tubuh tertentu, lantas bagian tubuh apa yang dapat diukur suhunya untuk mengetahui anak terkena demam :

Mengukur Suhu Tubuh Anak

1. Suhu ketiak

Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, ketiak mempunyai tingkat akurasi yang paling rendah. Hal ini karena ketiak lebih dingin dibandingkan anus, telinga atau mulut. Pengukuran suhu pada bagian ketiak ini dapat dilakukan dengan mengkempit termometer pada ketiak anak selama 4 – 5 menit kemudian barulah Anda dapat melihat hasilnya.

2. Suhu telinga

Mengukur suhu telinga membutuhkan termometer digital khusus yang bisa menghitung radiasi inframerah dari gendang telinga. Akan tetapi pengukuran ini tidak boleh dilakukan pada bayi yang usianya dibawah 3 bulan. Pengukuran ini dilakukan dengan menempelkan ujung termometer ke lubang telinga. Arahkan ke gendang telinga, lalu tekan tombol start dan setelah 3 menit angka akan muncul pada penunjuk suhunya.

3. Suhu mulut

Pengukuran suhu mulut dilakukan selama 2 – 3 menit, dengan meletakkan ujung termometer di bawah lidah anak. Mengukur suhu tubuh lewat mulut sebenarnya tingkat akurasinya baik, namun sering gagal pada anak dibawah 3 tahun. Hal ini karena umumnya mereka tidak nyaman harus mengatupkan mulut selama 3 menit.

4. Suhu anus

Pengukuran suhu tubuh pada bagian anus dianggap paling akurat karena lebih dekat dengan tubuh anak yang sesungguhnya. Untuk melakukannya, lapisi ujung termometer dengan petroleum jelly agar kulit anus anak tidak lecet dan minta anak berbaring tengkurap. Kemudian masukkan termometer ke dalam anus sepanjang 1 – 2 cm.

Usahakan agar anak tidak bergerak dan tunggu selama 2 – 3 menit sebelum termometer diangkat dan hasilnya dapat terbaca. Suhu tubuh bayi baru lahir hingga anak balita, memang lebih tinggi dari pada anak usia sekolah dan orang dewasa karena permukaan tubuh orang dewasa lebih luas untuk menyebarkan panas tubuh. Anak dinyatakan demam apabila suhu anus diatas 38 derajat celcius atau suhu ketiak diatas 37,5 derajat celcius.

About mukhammad ulinnuha