Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Cara Membuat Pestisida Alami

Cara Membuat Pestisida Alami

Cara Membuat Pestisida Alami – Jeruk nipis merupakan jenis buah jeruk yang memiliki rasa yang asam dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun tahukah Anda, buah jeruk nipis ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pestisida alami untuk tanaman juga.

Cara Membuat Pestisida Alami

Jeruk nipis merupakan pestisida alami yang ampuh untuk mengusir lalat buah yang menyerang buah atau daun pada tanaman yang Anda tanam. Oleh karena itu jeruk nipis merupakan pestisida untuk mencegah serangan hama atau disebut leaf minner. Secara alami jeruk nipis bersifat asam, ini dapat diuji dengan pH meter. Rasa asam tersebut tidak disukai oleh lalat buah dan dapat menjadi alternatif pestisida alami yang dapat Anda gunakan.

Lalat buah dapat menyebabkan buah – buahan yang kita tanam menjadi rusak, busuk dan tidak jarang mengakibatkan tanaman mati, bagi Anda yang hobi budidaya atau bercocok tanam secara hidroponik mungkin sudah tahu tentang hal ini. Lalat buah akan meletakkan belatung pada buah, hal ini akan menyebabkan buah menjadi busuk dan mati. Bahkan belatung ini dapat menjalar ke bagian lainnya.

Pestisida organik menggunakan jeruk nipis sangat ampuh untuk mengatasi hal tersebut, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat pestisida alami menggunakan jeruk nipis :

Bahan yang diperlukan :

  • 5 buah jeruk nipis yang sudah diperas
  • 20 lembar daun jeruk nipis yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok EM4 (mikroorganisme aktif)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 4 liter air bersih

Cara membuat :

Seluruh bahan yang sudah disiapkan diatas campurkan pada suatu wadah kemudian aduk selama 4 – 5 menit hingga tercampur merata / menjadi larutan yang homogen. Setelah itu tutup wadah tersebut dan biarkan selama 4 – 5 hari agar bahan tersebut terfermentasi.

Apabila sudah terfermantasi maka campurkan 2 sendok larutan pestisida alami tersebut dengan 1 liter air maka pestisida alami tersebut dapat Anda gunakan pada tanaman. Penggunaan pada tanaman dapat dilakukan dengan cara menyemprotkannya pada tanaman secara merata.

Namun bila tanaman Anda bermasalah dengan semut, maka ada sedikit perbedaan perlakuan atau pembuatan pestisida alami ini. Anda tetap dapat menggunakan pestisida alami yang dibuat menggunakan jeruk nipis ini dengan dicampur daun mint. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat pestisida alami untuk semut :

  • Siapkan 2 buah jeruk nipis dan 10 lembar daun mint
  • Anda dapat memotong jeruk nipis menjadi 2 atau lebih kemudian ambil / peras airnya
  • Kemudian tumbuk daun mint hingga halus, campurkan dengan sedikit air lalu peras untuk mendapatkan sarinya
  • Apabila semua bahan siap Anda dapat mencampurkan sari daun mint dan sari jeruk nipis tersebut dengan segelas air kemudian aduk hingga merata
  • Masukkan cairan tersebut pada botol spray kemudian Anda dapat menyemprotkannya pada tanaman

Larutan pestisida alami ini sangat ampuh untuk mengatasi semut yang menyerang tanaman Anda.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose