Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Seberapa Keras Batu Berlian

Seberapa Keras Batu Berlian

Seberapa Keras Batu Berlian – Siapa yang tidak kenal dengan batu berlian, batu yang banyak digunakan sebagai perhiasan ini memiliki predikat sebagai batu atau material paling keras di bumi.

Batu berlian merupakan batuan yang terbentuk dari unsur karbon murni, hampir seluruh unsur penyusunnya adalah karbon murni dan hanya sebagian kecil saja campuran unsur lain.

Batu berlian terbentuk di bawah lapisan kulit bumi kita sekitar kedalaman 120 – 150 km sehingga tidak ada yang tahu pasti bagaimana batu berlian asli ini terbentuk.

Namun para ilmuan sudah mempunyai teori pembentukan batu paling keras di bumi ini. Mereka meyakini bahwa tekanan dan suhu yang sangat tinggi di kedalaman tersebut yang telah berperan membentuk batu berlian.

Kemudian batu berlian yang sudah terbentuk ini keluar bersamaan magma saat terjadi letusan dahsyat dan saat magma dan batu berlian ini sampai pada permukaan bumi, magma ini menimbun batu berlian yang kemudian mendingin dengan cepat karena faktor suhu.

Namun hal ini terjadi sekitar milyaran tahun lalu pada awal terbentuknya bumi dimana saat itu bumi masih dalam keadaan panas dan belum ada kehidupan. Patut ditekankan sekali lagi bahwa hal ini masihlah sebuah teori yang sudah diyakini secara luas.

Dalam prakteknya hal ini tidak dapat diteliti atau diobservasi karena hingga saat ini kita tidak bisa mengirimkan ilmuan ke kedalaman tersebut. Bahkan perkembangan teknologi hingga saat inipun belum dapat menciptakan alat yang mampu mencapai ke kedalaman tersebut.

Lalu seberapa keras batu berlian ini? pengujian kekerasan pada suatu benda ditentukan dari ketahanan benda tersebut dari sebuah gesekan atau goresan. Namun kini pengukuran tersebut dapat dilakukan menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester yang jauh lebih praktis.

Pengukuran ini dilakuakn dalam skala mohs yang biasa digunakan dalam pengukuran kekerasan suatu benda atau mineral. Dalam skala 1 – 10, batu mulia ini menempati nilai 10 yang artinya hal tersebut adalah skala maksimal pengukuran.

Dalam skala tersebut membuat batu berlian 40 kali lebih kuat dari mineral yang berkategori 9 seperti korodium yang biasa membuat batu safir dan rubi. Itu berarti hingga saat ini tidak ada mineral atau batuan lain yang mempunyai nilai kekerasan melebihi batu berlian.

Jadi pada dasarnya batu berlian tidak mudah pecah atau tergores oleh benda lain dengan tingkat kekerasannya tersebut. Batu berlian hanya dapat tergores oleh sesama batu berlian itu sendiri, bahkan muncul semacam ungkapan bahwa batu berlian adalah batu keabadian karena batu tersebut sudah ada jauh sebelum kita ada dan akan tetap ada bahkan setelah kita tiada.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose