Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Air
Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Air

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Air

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Air – Air merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari ikatan unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dimana hal ini menghasilkan senyawa baru yaitu H2O.

Air merupakan senyawa penting yang fungsinya tidak tergantikan posisinya oleh senyawa apapun di bumi ini bagi makhluk hidup. Bagi setiap makhluk hidup air sendiri merupakan kebutuhan vital sebagai air minum untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Seperti yang telah dibahas di atas air mengandung senyawa oksigen, hal ini juga tergantung dari kondisi air itu sendiri. Oksigen yang terlarut dalam air ini berperan dalam proses oksidasi dan reduksi bahan organik maupun anorganik yang terkandung di dalamnya. Oksigen ini juga menjadi faktor penentu kondisi biologis yang dilakukan oleh organisme aerobik atau anaerobik. Pada kondisi aerobik, oksigen berperan dalam proses pengoksidasian bahan organik dan anorganik yang nantinya akan menghasilkan nutrien. Oleh karena itu kandungan oksigen ini merupakan indikator dari kualitas air.

Kebutuhan air dengan oksigen terlarut di dalamnya merupakan hal yang bermanfaat bagi tubuh. Molekul-molekul oksigen ini terdapat di antara molekul air. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kadar oksigen ini sendiri adalah tekanan, suhu dan jumlah zat terlarut yang ada di dalamnya.

Dengan kandungan oksigen terlarut yang cukup tentu akan menjadikan air tersebut berkualitas baik. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan 3 cara yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air, yaitu :

  1. Suhu : Bila suhu air semakin rendah, maka kandungan oksigen yang terdapat di dalam air juga akan semakin besar. Hal ini bisa kita rasakan bila kita meminum air dingin maka kita akan merasa lebih segar.
  2. Tekanan : Molekul oksigen dapat masuk di antara ruang molekul air dengan memaksakan melalui tekanan yang tinggi. Hal ini tentu harus dilakukan dengan metode yang benar agar kadar oksigen juga tidak berlebihan.
  3. Kemurnian air juga mempengaruhi kelarutan oksigen karena air yang murni akan memungkinkan oksigen terlarut akan lebih banyak di dalamnya.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa kandungan oksigen terlarut dalam air akan menjadi indikator kualitas air dan kadar oksigen ini dapat ditambahkan baik secara alami maupun buatan. Kadar oksigen terlarut ini dapat kita ketahui dengan menggunakan bantuan alat ukur oksigen terlarut atau DO Meter (Dissolved Oxygen Meter).

Incoming search terms:

  • cara perbaharui oksigen air
  • cara meningkatkan oksigen air
  • cara meningkatkan oksigen pada air sumur
  • Meningkatkan H2O
  • oksigen

About mukhammad ulinnuha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You might also likeclose