Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan Penyebab Asam Lambung – Penyakit yang berhubungan dengan lambung sepertinya dialami oleh banyak orang, masalah seperti perut kembung, mulas, mual dan muntah mungkin juga sering Anda alami. Namun bila rasa mulas dan mual tersebut disertai rasa panas bisa jadi Anda mengalami masalah dengan refluks asam lambung.

Hal ini merupakan masalah kesehatan dimana saat asam lambung yang berlebih naik dari lambung ke tenggorokan dan hal ini biasa dikarenakan makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Lalu jenis makanan atau minuman apa saja yang menyebabkan hal tersebut :

  1. Cokelat

Mungkin menghindari makanan yang satu ini tidak masalah untuk Anda yang memang tidak menyukai atau tidak terlalu suka dengan makanan yang satu ini, namun lain halnya bila Anda seorang penggemar makanan yang satu ini. Coklat merupakan manis yang sangat menggoda, namun bila dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan refluks asam lambung.

Kandungan kafein dalam coklat dan stimulan lainnya seperti theobromine akan menyebabkan refluks asam lambung, selain itu kandungan lemaknya yang tinggi dan cocoa-nya juga dapat menyebabkan hal tersebut. Mungkin ada jenis dark chocolate yang tidak memiliki kandungan lemak tinggi seperti milk chocolate, namun kandungan lainnya juga dapat menyebabkan hal tersebut.

  1. Soda

Minuman berkarbonasi ini sering memicu peningkatan asam lambung Anda dan perut kembung. Hal ini karena minuman bersoda merupakan minuman yang bersifat asam atau ber-pH rendah, minuman bersoda setidaknya mempunyai kadar pH antara 4,5 – 5,8 pH bila diukur menggunakan pH meter.

Gelembung soda dari minuman berkarbonasi akan menyebar ke seluruh perut yang dapat meningkatkan resiko asam lambung, bahkan soda yang mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin buruk, jadi bukan hanya Anda yang menderita penyakit lambung namun Anda yang sehat juga sebaiknya menghindari minuman bersoda atau berkarbonasi.

  1. Makanan yang digoreng

Refluks asam lambung juga dapat disebabkan karena makanan yang digoreng dan lebih lagi bila minyak pada makanan tersebut berlebihan. Minyak pada makanan tersebut juga sering dikaitkan dengan panas lambung yang dapat disertai dengan gejala nyeri dada, selain itu makanan ini juga dapat menyebabkan kolesterol.

  1. Alkohol

Sama seperti minuman bersoda, minuman seperti bir, anggur dan minuman beralkohol lainnya juga dapat menyebabkan refluks asam lambung karena dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang menyebabkan asam lambung. Minuman beralkohol juga mengandung asam tinggi, namun Anda dapat menggantinya dengan segelas cocktail atau anggur yang tidak terlalu tinggi kadar asamnya. Akan tetapi hindari meminum jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.

  1. Susu berlemak tinggi

Telah kita bahas sebelumnya bahwa makanan berlemak tinggi dapat memicu refluks asam lambung, jadi jenis makanan seperti susu, mentega atau keju memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tingginya. Bila Anda memiliki masalah dengan lambung sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan tersebut. Namun bila Anda ingin tetap mengkonsumsinya Anda dapat menggunakannya sebagai perasa makanan bukan bahan utamanya.

  1. Daging tinggi lemak

Tidak hanya susu, daging yang tinggi lemak seperti daging sapi, babi dan domba juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena daging akan lama berada di dalam lambung, sehingga dapat meningkatkan refluks asam lambung. Namun daging juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, jadi untuk itu Anda juga harus tetap mengkonsumsinya hanya saja dalam jumlah yang cukup dan waktu yang tidak terlalu rutin. Selain itu Anda juga dapat membuang lemak yang ada pada daging tersebut lebih dahulu sebelum mengolahnya.

  1. Kafein

Seperti yang sudah dibahas bahwa kafein juga dapat menyebakan refluks asam lambung. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi minuman kopi. Mungkin secangkir kopi dalam satu hari tidak terlalu bermasalah, namun bila dalam sehari Anda meminum kopi terlalu banyak nantinya juga akan bermasalah.

  1. Tomat

Kandungan sitrat dan asam malat pada tomat dapat meningkatkan asam lambung. Bila Anda mengkonsumsi tomat maka asam tersebut dapat mengalir ke kerongkongan dan asam ini akan tetap ada bagaimanapun juga Anda mengolahnnya.

  1. Citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali adalah buah – buah yang termasuk ke dalam citrus yang mungkin kita sering mendengar manfaatnya untuk mengatasi batuk. Namun Annals of Otology, Rhinology & Laryngology mempunyai pendapat berbeda, bahwa membatasi asupan asam alias dietary acid dapat meredakan gejala asam lambung seperti batuk dan suara serak.

  1. Bawang bombay

Menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, pasien dengan asam lambung yang mengonsumsi bawang dapat mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu cepat (semakin rendah pH, asam pun semakin tinggi) dan juga menyebabkan sendawa dan mual.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose