Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Fungsi Kelembaban Udara

Fungsi Kelembaban Udara

Fungsi Kelembaban Udara – Kelembaban udara dapat mempengaruhi berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan manusia, secara sederhana kelembaban udara adalah kandungan air yang terdapat dalam udara. Hal ini mungkin seringkali tidak terlalu diperhatikan, namun kelembaban udara sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

Fungsi Kelembaban Udara

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini kita dapat memantau kelembaban udara yang ada di sekitar kita. Dengan bantuan alat seperti data logger, hygrometer dll kita dapat memantau kelembaban udara di sekitar kita. Lantas apa saja pengaruh dan manfaat kelembaban udara dalam kehidupan kita pada umumnya? berikut adalah manfaat tersebut :

1. Menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman

Salah satu fungsi dari kelembaban udara adalah sebagai salah satu penentu dari pertumbuhan tanaman, seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan kelembaban udara menjadi salah satunya. Bila kelembaban udara ini baik maka pertumbuhan tanaman juga akan lebih cepat dan tentunya lebih baik. Tiap tanaman tentu membutuhkan tingkat kelembaban yang berbeda – beda, namun bila kelembaban udara yang dibutuhkan jauh dibawah kebutuhan tanaman maka tanaman dapat mengalami kekeringan.

2. Menjaga kestabilan kesehatan tubuh

Selain berpengaruh terhadap tanaman, kelembaban udara juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Tentu secara langsung kita akan berinteraksi langsung dengan karena kita bernafas akan menghirup udara beserta kelembaban yang dimilikinya. Bila kita berada dalam suatu ruangan atau tempat yang kelembaban udaranya rendah maka kita akan mudah terserang batuk atau bahkan flu, hal ini dapat terjadi apabila kita berada di ruangan yang menggunakan AC. Akan tetapi sama halnya juga kelembaban udara yang terlalu tinggi juga akan menyebabkan masalah kesehatan, bila kita berada pada tempat dengan kelembaban tinggi maka pernafasan kita akan menjadi terganggu. Dalam kasus lebih lanjut dapat menyebabkan kita terkena paru – paru basah.

3. Menjaga suhu Bumi agar tidak terlalu panas

Manfaat kelembaban udara dalam skala global adalah menjaga suhu bumi agar tidak terlalu panas karena paparan sinar matahari dan juga karena pemanasan global. Seperti yang kita ketahui bahwa bumi berada di urutan ketiga planet dalam tata surya dari matahari, karenanya bumi banyak mendapat paparan cahaya matahari. Saat matahari sedang terik maka hal ini akan menyebabkan kenaikan suhu pada bumi, dan dengan kelembaban udara yang merupakan kandungan uap air di udara bebas akan membantu menjaga kestabilan suhu kerak Bumi.

4. Menjaga keawetan dan kualitas barang – barang tertentu

Mungkin kita memiliki barang – barang tertentu yang memang membutuhkan perawatan khusus karena sensitivitasnya yang tinggi terhadap lingkungan sekitar kita. Kadang benda / barang tersebut juga sangat sensitif terhadap kondisi suhu dan kelembaban lingkungan, sebagai contoh adalah tas dengan bahan kulit memiliki perawatan khusus yang tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan harus disimpan pada ruangan dengan kelembaban udara yang sesuai.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose