Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Faktor Pertumbuhan Tanaman

Faktor Pertumbuhan Tanaman

Faktor Pertumbuhan Tanaman – Pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara garis besar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut akan berpengaruh terhadap tanaman, oleh karena itu bila Anda ingin membudidayakan tanaman tertentu maka Anda harus mengetahui kedua faktor tersebut. Berikut adalah penjelasan dari kedua faktor tersebut :

Faktor Pertumbuhan Tanaman

FAKTOR INTERNAL

  1. Gen

Gen merupakan substansi pembawa sifat yang diturunkan dari induk ke generasi selanjutnya yang akan mempengaruhi ciri dan sifat makhluk hidup. Pada tanaman sendiri, gen akan mempengaruhi mulai dari bentuk tubuh, warna bunga dan rasa buah, selain itu gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut. Apabila gen sebuah tanaman itu baik maka tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan cepat sesuai dengan periode / masanya. Akan tetapi faktor gen bukan satu – satunya yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman karena masih ada faktor lainnya.

  1. Hormon

Hormon merupakan zat yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh karena mempengaruhi dalam proses pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Meskipun jumlah hormon sendiri sedikit, namun sudah cukup untuk berpengaruh terhadap tubuh makhluk hidup termasuk tumbuhan. Pada tanaman sendiri hormon ada beberapa macam, yaitu :

  • Auksin : berfungsi sebagai pemacu proses pemanjangan, pembelahan, dan diferensiasi sel
  • Giberlin : berfungsi sebagai pembentukan biji serta perkembangan dan perkecambahan embrio
  • Etilen : berfungsi dalam proses pematangan buah dan perontokan daun
  • Sitokinin : berfungsi dalam proses pembelahan sel atau sitokenesis, seperti merangsang pembentukan akar dan cabang tanaman
  • Asam absisat : berfungsi dalam proses penuaan dan gugurnya daun
  • Kaolin : berfungsi dalam proses organogenesis tanaman
  • Asam traumalin : berfungsi dalam proses regenerasi sel apabila mengalami kerusakan jaringan

FAKTOR EKSTERNAL

  1. Nutrisi

Nutrisi dibutuhkan tubuh sebagai bahan baku dan sumber energi dalam proses metabolisme tubuh sehingga kualitas dan kuantitas nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi berupa air dan zat hara yang terlarut dalam air yang dengan proses fotosintesis maka air dan karbon dioksida diubah menjadi zat makanan. Meskipun tidak diperlukan secara langsung dalam proses fotosintesis, namun zat hara sangat diperlukan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Cahaya Matahari

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup juga dipengaruhi oleh faktor cahaya, pada tanaman sendiri sangat membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesisnya. Akan tetapi cahaya yang terlalu berlebihan juga dapat menghambat pertumbuhan tanaman, hal ini karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang terletak pada ujung batang.

  1. Air dan Kelembaban

Air dan kelembaban juga merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terlebih lagi air yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Air merupakan tempat berlangsungnya reaksi – reaksi kimia di dalam tubuh, karena rasanya tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup tanpa air. Kelembaban sendiri akan berpengaruh pada keberadaan air yang dapat diserap oleh tanaman mengurangi penguapan dan kondisi tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses pemanjangan sel. Bahkan kelembaban juga akan sangat berpengaruh dalam  mempertahankan stabilitas bentuk sel.

  1. Suhu

Suhu juga merupakan faktor eksternal yang akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sebagai contohnya adalah pada padi yang ditanam pada awal musim kemarau dimana suhu rata – rata tinggi maka akan lebih cepat dipanen dibandingkan padi yang ditanam pada musim penghujan yang suhu rata – ratanya lebih rendah. Hal ini dapat terjadi karena dalam proses pertumbuhan dan perkembangan seperti penyerapan air, fotosintesis, penguapan dan pernapasan pada tanaman sangat dipengaruhi oleh suhu.

  1. Tanah

Faktor terakhir yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, tanah dengan kandungan nutrisi dan unsur hara yang baik maka akan menyebabkan tanaman tumbuh dengan baik. Kondisi tanah juga ditentukan oleh faktor lingkungan lain contohnya adalah suhu, kandungan mineral, air dan derajat keasaman atau pH yang akan berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Kini tingkat kesuburan tanah dan tingkat pH-nya dapat diuji menggunakan sebuah alat yang bernama Soil pH meter atau pH meter tanah atau alat uji kesuburan tanah.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose