Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 082221305500

Makanan Yang Sulit Dicerna

Makanan Yang Sulit Dicerna – Proses pencernaan merupakan proses penting yang terjadi di dalam tubuh kita, dari proses inilah berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi akan menjadi nutrisi tubuh kita.

Nutrisi tersebut akan digunakan tubuh untuk tumbuh, berkembang dan juga melakukan aktivitas harian. Namun tahukah Anda ada beberapa jenis makanan yang ternyata susah dicerna dan ternyata beberapa jenis makanan tersebut memiliki rasa yang enak.

Makanan tersebut merupakan jenis makanan yang susah dicerna oleh lambung atau usus yang mana dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan masalah kesehatan lainnya. Lantas apa sajakah jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh :

  • Es krim

Makanan kombinasi produk susu dan berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai penyebab kembung dan gangguan pencernaan. Hal ini sering dialami oleh para penderita intoleransi laktosa yang tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada produk susu.

  • Kacang merah

Kacang merah yang kaya akan serat dan protein ternyata memiliki senyawa gula tertentu yang sulit dicerna tubuh terutama oleh usus besar. Hal ini juga dimiliki oleh jenis kacang – kacangan lainnya, akibatnya bila Anda mengkonsumsi family kacang – kacangan maka Anda akan mudah buang angin atau kentut.

  • Makanan pedas

Apabila Anda sering mengalami mulas atau sembelit sebaiknya Anda mulai menghindari makanan pedas, sebab hal tersebut menjadi cara tubuh untuk menyampaikan bahwa makanan pedas sulit dicerna tubuh.

  • Minuman asam

Memang minuman asam akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Namun minuman yang ber-pH dibawah 7 bila diukur menggunakan pH meter ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada kerongkongan dan membuat tubuh sulit mencernanya.

  • Makanan yang digoreng kering

Gorengan mengupakan makanan yang terkenal kaya akan minyak dan lemak tinggi menjadi makanan yang sulit dicerna tubuh. Oleh karena itu bila Anda gemar memakan gorengan sebaiknya mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng kering tersebut..

  • Kentang tumbuk

Makanan kentang tumbuk biasanya sering ditambahkan atau dicampur dengan susu dan krim, hal ini akan membuat penderita intoleransi laktosa harus menghindarinya. Konsumsi kentang tumbuk yang dicampur dengan susu atau krim akan membuat tubuh sulit untuk mencernanya.

  • Cokelat

Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini, makanan manis ini mempunyai banyak penyukanya di seluruh dunia. Namun kandungan kafein dan lemak di dalamnya menyebabkan cokelat menjadi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.

  • Bawang bombai mentah

Bawang bombai sering digunakan sebagai bumbu masak, namun walau kaya akan gizi untuk mengkonsumsinya juga sebaiknya dimasak lebih dahulu. Konsumsi bawang bombai mentah membuat tubuh sulit mencernanya dan menyebabkan Anda sering buang angin.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau merupakan jenis makanan yang kaya nutrisi, serat dan penuh vitamin. Namun konsumsinya juga harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan, konsumsi yang berlebihan akan membuat perut kembung karena sulit mencernanya.

  • Permen karet bebas gula

Permen karet bebas gula mengandung senyawa sorbitol yang menyebabkan Anda sering buang angin, selain itu permen karet jenis ini juga kandungan yang terkonsumsi oleh tubuh merupakan berbagai zat yang sulit dicerna tubuh.

About mukhammad ulinnuha