Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 082221305500

Mikroba Penyubur Tanah

Mikroba Penyubur Tanah

Mikroba Penyubur Tanah – Tanah merupakan faktor penting dalam pertanian, perkebunan dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penanaman tanaman. Untuk mendukung tanaman tumbuh dengan baik tentunya membutuhkan tanah yang subur.

Mikroba Penyubur Tanah

Tanah yang subur akan membuat tanaman yang tumbuh di atasnya akan tumbuh dengan baik. Tanah yang subur disebabkan karena banyak faktor seperti halnya faktor alami seperti intensitas hujan, cahaya matahari, kelembaban dan faktor abiotik lainnya.

Tanah yang subur juga dapat dilihat dari banyaknya tumbuhan yang tumbuh di atasnya. Selain dilihat, tanah yang subur juga dapat kita uji menggunakan soil pH meter yang merupakan alat ukur yang dapat digunakan untuk menguji kesuburan tanah.

Akan tetapi selain faktor abiotik, ada pula faktor biotik yang mempengaruhinya. Faktor biotik ini merupakan faktor kesuburan yang disebabkan karena makhluk hidup. Mungkin kebanyakan orang hanya tahu cacinglah yang menyuburkan tanah karena dapat menggemburkannya, akan tetapi ada mikroba yang termasuk mikroorganisme yang dapat menyuburkan tanah.

Namun mikroba ini juga mempunyai banyak jenisnya, dengan adanya mikroba akan membantu proses kimia dan penguraian yang ada di dalam tanah. Lantas jenis mikroba apa saja yang dapat menyuburkan tanah.

Berikut adalah mikroba penyubur tanah :

1. Azotobacter sp

Berfungsi untuk melindungi atau menyelimuti hormon tumbuhan dan juga berfungsi sebagai mikroba penambat N (nitrogen) dari udara bebas.

2. Azoospirilium Sr

Berfungsi sebagai penambat N (nitrogen) dari udara bebas untuk diserap oleh tanaman.

3. Selulolitik

Menghasilkan enzim selulose yang berguna dalam proses pembusukan bahan organik.

4. Mikroba Pelarut Fosfat

Berfungsi untuk melarutkan fosfat yang terikat dalam mineral Hat tanah menjadi senyawa yang mudah diserap oleh tanaman, selain itu dapat membantu proses dekomposisi.

5. Pseudomonas sp

Dapat menghasilkan enzim pengurai yang disebut lignin berfungsi juga untuk memecah mata rantai dari zat – zat kimia yang tidak dapat terurai oleh mikroba lainnya.

6. Nitrosococcus

Merupakan bakteri yang memiliki metabolisme berbasis oksigen. Berperan dalam proses penambahan kesuburan tanah (membentuk humus).

7. Nitrosomonas

Merupakan sebuah bakteri berbentuk batang yang terdiri dari genus chemoauto trophic yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.

About mukhammad ulinnuha