Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Menghilangkan Besi Dari Air

Menghilangkan Besi Dari Air

Menghilangkan Besi Dari Air – Air tanah yang bersumber dari air sumur terutama yang tidak terlalu dalam umumnya mengandung besi (iron, Fe) dan mangan (manganese, Mn). Tanah yang banyak kandungan mineral dan logam yang larut didalamnya membuat air sumur mengandung besi dan juga mangan.

Menghilangkan Besi Dari Air

Besi larut dalam air dalam berbentuk fero-oksida yang akan menyebabkan bercak noda kuning kecoklatan untuk besi atau kehitaman untuk mangan apabila terkandung dalam konsentrasi tinggi. Hal ini tentu menyebabkan air tidak layak dikonsumsi dan juga mengganggu estetikanya.

Air yang mengandung besi dan mangan bila digunakan untuk mencuci maka pakaian tidak akan terlihat kinclong. Pada dasarnya, kandungan besi di dalam air sendiri mudah untuk dihilangkan. Secara alami, besi yang terkandung dan larut dalam air akan hilang setelah berkontak dengan udara, besi teroksidasi menjadi feri-oksida yang bisa mengendap, sama halnya juga dengan mangan.

Kandungan besi yang larut di dalam air ini dapat kita ketahui dengan mengukurnya menggunakan alat ukur water test kit. Alat tersebut mampu mengukur berbagai faktor kualitas air termasuk kandungan besi dan mangan yang terlarut di dalamnya.

Oksidasi yang dilakukan untuk menghilangkan kandungan besi dapat dilakukan dengan mengkontaknya langsung dengan udara atau disebut proses aerasi. Proses aerasi ini sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu air sumur pertama – tama ditampung dulu dalam tong plastik 100 atau 200 liter. Setelah itu celupkan alat pembuat gelembung ke dalamnya seperti yang digunakan dalam akuarium ikan.

Tentu alat seperti ini adalah alat yang sangat mudah untuk Anda dapatkan bukan, agar lebih efektif belilah yang kapasitasnya cukup besar. Usahakan selang yang digunakan untuk menghisap udara jangan sampai tenggelam saat pemasangannya agar dapat menghisap udara sebanyak mungkin.  Gelembung – gelembung tersebut akan membuat air berkontak dengan udara dan proses oksidasi terjadi.

Dengan begitu maka besi dan mangan yang teroksidasi akan mengendap di sekeliling dinding dan dasar tong. Hasilnya dapat dilihat dari endapan yang berwarna coklat atau hitam. Air hasil aerasi kemudian bebas dari logam – logam pengganggu tersebut yang dapat Anda gunakan sehari – hari untuk berbagai keperluan. Selain itu bau yang disebabkan karena adanya zat organik juga dapat dihilangkan dengan proses aerasi ini.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose