Seluruh barang mendapat jaminan garansi replacement dan garansi full service. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pemesanan online via SMS/TELP 082221305500 Whatsapp 085795793793

Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal

Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal

Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal – Ginjal merupakan sepasang organ yang mempunyai peran yang sangat vital dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari berbagai kotoran, limbah yang tidak berguna maupun racun.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan organ ginjal kita, bila organ ginjal kita mengalami masalah atau terkena penyakit dapat membuat tubuh kita mengalami gangguan metabolisme.

Kesehatan ginjal kita sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan asupan makanan kita, oleh karena itu kita harus sangat memperhatikan kedua faktor tersebut. Selain itu bila seseorang menderita penyakit seperti diabetes atau hipertensi juga akan berpotensi merusak organ ginjalnya.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat menghindari makanan yang berpotensi merusak ginjal akan menjadi cara yang efektif untuk mencegah organ ginjal rusak. Secara garis besar berikut adalah makanan yang dapat merusak ginjal :

  1. Makanan Kalengan atau Olahan

Konsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan dan penyedap rasa / MSG secara rutin akan memberatkan kerja ginjal kita. Hal ini karena makanan tersebut akan bersifat limbah atau bahkan racun sehingga ginjal kita akan sulit menyaringnya. Bila hal ini berlangsung secara rutin maka potensi penyakit gagal ginjal akan semakin besar.

Karena rasanya yang enak dan mudah untuk menyajikannya makanan sering kali kita jumpai atau bahkan mungkin sering kita konsumsi. Contoh makanan seperti ini adalah ikan sarden kalengan, mie instan, junk food, fast food, daging atau sayur kalengan dsb dimana makanan jenis ini mengandung limbah yang akan memberatkan fungsi ginjal dalam tugasnya.

  1. Daging Olahan

Pengolahan daging hewan dengan cara digoreng maupun dibakar juga dapat menjadi sumber natrium dan nitrat yang bila masuk dalam tubuh harus dikeluarkan. Oleh karena itu hal ini akan mengakibatkan kerja ginjal semakin berat karena bila zat tersebut tidak dikeluarkan maka dapat menjadi radikal bebas yang memicu kanker. Oleh karena itu kita juga harus membatasi konsumsi daging tersebut asal tidak berlebihan maka tidak akan menjadi masalah.

  1. Mentega

Kandungan kalori tinggi, lemak jenuh, dan kolesterol yang terkandung di dalam mentega dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal. Hal ini karena kandungan tersebut tergolong dalam jenis LDL (low density lipoprotein) yang merupakan musuh bagi jantung dan ginjal karena menyebabkan tekanan darah tinggi, sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi minyak zaitun atau canola untuk menghindari lemak jenuh yang tinggi pada mentega.

  1. Mayonaisse

Saus mayonaisse yang berbahan dasar telur juga banyak mengandung lemak jenuh serta kalori yang tinggi. Hal ini akan memicu terganggunya kinerja organ ginjal, selain itu kandungan sodium, natrium dan nitrat juga akan semakin memberatkan fungsi ginjal karena harus dibuang dari dalam tubuh. Sebagi gantinya Anda dapat mengkonsumsi makanan yang rendah lemak seperti yogurt untuk dicampurkan ke dalam salad buah atau sayur.

  1. Makanan atau Minuman yang Berlemak Tinggi

Selain makanan di atas, makanan yang memiliki lemak tinggi juga harus dihindari karena akan memberatkan kerja ginjal. Contoh makanan yang mengandung lemak tinggi adalah makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Kandungan nutrisi dan zat yang berguna untuk tubuh juga akan hilang dengan proses pengolahan tersebut. Sebagai gantinya Anda dapat mengubah cara mengolahnya dengan cara dikukus, direbus atau bahkan disangrai.

  1. Minuman yang Mengandung Soda dan Alkohol

Minuman maupun makanan yang bersoda atau beralkohol sama sekali tidak mempunyai manfaat untuk tubuh kita. Terlebih lagi kandungan gula atau pemanis buatannya tentu sangat tidak baik untuk ginjal bila dikonsumsi berlebihan karena akan menyebabkan gangguan metabolisme dalam tubuh termasuk gangguan pada ginjal.

Selain itu minuman bersoda maupun beralkohol juga minuman yang bersifat asam, Anda dapat mengujinya menggunakan pH meter dimana minuman tersebut akan menunjukkan kadar pH yang jauh dari pH normal yaitu 7. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa lingkungan asam akan membuat sel kanker juga akan berkembang dengan baik.

About mukhammad ulinnuha

You might also likeclose